10 Motor Paling Irit yang Membuat Nyaman Kantong Anda

Ketika ingin membeli sepeda motor, banyak pertimbangan dilakukan, seperti bentuk desain, kualitas mesin, dan konsumsi bahan bakar (BBM)-nya. Hal yang terakhir ini bahkan menjadi bahan pertimbangan utama, apalagi jika si pembeli akan sangat menggantungkan aktivitas sehari-hari pada sepeda motor seperti menjadi driver ojek online, saleman atau kurir.

Untuk itu, pengetahuan tentang merek motor apa saja yang irit bahan bakar sangat diperlukan. Sebab jika Anda memiliki motor yang irit BBM, selain kantong nggak mudah jebol, Anda juga tidak perlu rajin-rajin amat mengunjungi SPBU atau sering berhenti di pinggir jalan untuk beli bensin eceran. Nah, 10 motor berikut ini termasuk jenis motor yang paling irit BBM.

1. Suzuki Nex FI

Jika sedang mencari motor irit bahan bakar, Suzuki Nex FI ini bisa menjadi pilihan tepat. Hanya dengan 1 liter bensin, Anda sudah bisa berkendara sejauh 109,8 km. Saking iritnya, motor keluaran Suzuki ini mendapatkan rekor MURI sebagai motor matic paling irit di Indonesia. Motor ini menggunakan teknologi SUPER FI (Suzuki Performance Fuel Injection) dan mesin berkapasitas 113cc.

2. Suzuki Nex Super Fi

Jika Anda sedang mencari motor bermerek Suzuki dan irit bensin, Suzuki Nex Super Fi bisa juga Anda pilih. Berkendara dengan motor ini, Anda bisa menempuh 82,6 km hanya dengan 1 liter bensin. Motor ini juga dilengkapi mesin berteknologi Fuel Injection. Dengan teknologi tersebut, motor matic ini memiliki emisi gas buang lebih rendah dan mampu meningkatkan efisiensi BBM.

3. Honda BeAT eSP

Honda juga mengeluarkan banyak produk motor irit bensin. Salah satunya Honda BeAT eSP. Motor ini mengonsumsi BBM 73,5 km per liter. Motor ini berhasil menggondol gelar sebagai motor matic paling irit untuk kelas 110-115 cc di Otomotif Award pada 2009-2010. Iritnya bensin pada motor ini karena Honda melengkapinya dengan teknologi eSP yang dipadukan dengan sistem pembakaran Injeksi (PGM-FI).

4. Honda Revo X

Motor irit bensin lainnya dari Honda adalah Honda Revo X. Jika berminat memiliki motor ini, Anda akan menikmati perjalanan sejauh 62,2 km dengan 1 liter bensin. Iritnya bensin pada motor ini karena Honda membenamkan sistem pembakaran Injeksi (PGM-FI) dipadukan dengan mesin berkapasitas 109,17 cc. Perpaduan teknologi tersebut dapat menghasilkan tenaga 8.91 PS pada 7.500 rpm dan torsi mencapai 8.76 Nm pada 6.000 rpm.

5. Honda Scoopy Esp

Jika Anda penyuka produk Honda, masih ada pilihan motor irit bensin. Anda bisa memilih Honda Scoopy Esp. Dengan motor ini, Anda bisa jalan-jalan sejauh 61,9 km hanya dengan 1 liter bensin. Motor ini mengusung teknologi Esp (Enhanced Smart Power). Teknologi ini ampuh untuk meningkatkan efisiensi pembakaran mesin dan meminimalkan energi terbuang.

6. Honda Supra X 125

Honda memang memanjakan pelanggannya dengan banyak varian motor irit bensin, seperti motor ini, Honda Supra X 125. Anda bisa menunggangi motor ini sejauh 61,8 km hanya dengan 1 liter bensin. Iritnya bahan bakar pada motor ini karena adanya sistem bahan bakar Injeksi terbaik. Karena terbukti irit, motor ini bahkan mendapat julukan rajanya motor bebek.

7. Honda Vario 125 Fi

Dengan banyaknya varian motor keluaran Honda yang irit bahan bakar, Anda dimudahkan untuk memilihnya. Jika Anda memilih Honda Vario 125 Fi, Anda bisa berkendara sejauh 58,1 km dengan bensin 1 liter. Motor matic ini berkapasitas silinder 125 cc dan menggunakan teknologi Injeksi PGM Fi dan Idling Stop System (ISS), yang bisa membantu Anda hemat bahan bakar.

8. Yamaha Jupiter Z1

Motor produksi Yamaha yang irit bahan bakar adalah Yamaha Jupiter Z1. Jika memilih motor ini untuk menemani aktivitas sehari-hari, Anda tidak perlu khawatir kantong bocor. Itu karena motor ini mampu menempuh jarak 69,88 km dengan 1 liter bensin. Motor ini dibekali teknologi Forged Piston. Dengan teknologi ini, sistem pembakaran dalam ruang bakar lebih awet dan ringan.

9. Yamaha Mio M3 125 Blue Core

Yamaha juga membanjiri pasar otomotif dengan varian motor irit bensin lainnya, seperti Yamaha Mio M3 125 Blue Core. Konsumsi bahan bakarnya adalah 60,3 km per liter. Motor ini juga menawarkan banyak fitur canggih, salah satunya adalah Eco Lamp Indicator. Fitur ini memudahkan Anda mengendalikan pemakaian bensin. Mesinnya juga canggih karena mengadopsi mesin 4 langkah SOHC dengan sistem pendingin udara dan berkapasitas 125 cc.

10. Yamaha Mio Gt 125

Motor Yamaha ini juga irit bensin karena mampu menempuh jarak 57.14 per 1 liter bensin. Motor yang merupakan pengembangan dari Yamaha Mio ini memiliki kapasitas silinder yang lebih besar, berperforma dan bertenaga lebih baik.

Nah itulah 10 motor teririt versi kami, sekarang tinggal Anda tentukan mau merek dan jenis yang mana. Selamat memilih. (h1)

 

Comments are closed.