Velg Ban motor Ring 14 Paling pas untuk Matic

Velg Ban motor Ring 14 Paling pas untuk Matic – Banyaknya motor matic yang bersliweran di jalan raya, semakin banyak pula orang-orang kreatif yang ingin memodifikasi motornya. Contoh yang paling banyak ditemui adalah mengganti velg ban motornya dengan ukuran yang lebih besar. Secara tampilan memang ban motor ukuran 100/70 ring 17 lebih kece dilirik di jalan-jalan raya. Rider pun mengaku velg yang diganti dengan ring 17 lebih mudah mengatasi jalan-jalan yang rusak, polisi tidur tinggi, dan jalan yang tidak rata.

Velg Ban motor Ring 14 Paling pas untuk Matic - petersoncodygallery

Padahal pabrikan motor matic pasti memiliki standar dan kriteria tersendiri kenapa velg ban motor ting 14 paling pas untuk matic. Ya, memang awalnya motor matic ini dilahirkan  para produsen motor hanya untuk wanita. Artinya motor matic didesain dan diberi specs yang lebih ramping dari motor manual dengan cc yang lebih besar. Supaya motor lebih tampil oke ada dua pilihan, mengganti ukuran ban paling besar yang bisa masuk di velg standar ala Moge dan mengganti ukuran ban paling kecil yang bisa masuk di velg standar ala ThaiLook.

Motor Yamaha Mio misalnya, sejak awal kemunculannya hingga saat ini, Motor Yamaha Mio masih mempertahankan ukuran velg ring 14. Dibanding dengan kompetitornya, Honda Scoopy misalnya sudah menerapkan velg ring 12 yang sama dengan vespa.

 

Velg Ban motor Ring 14 Paling pas untuk Matic

Dikutip dari Viva.co.id hal ini sebenarnya tidak diabaikan oleh Presiden Direktur YIMM Minoru Morimoto. Menurutnya, Yamaha juga mengamati tren yang semakin berubah.

“Jika pemikiran jalan yang lebih bergelombang untuk handling akan lebih bagus itu tergantung,”

Menurutnya, kesimpulan dirinya hari ini untuk ukuran ban dan velg motor Yamaha Mio jelas yang paling ideal, terlebih untuk Yamaha Mio S dengan velg 14 inci yang dibalut ban tubeless ukuran depan 80/80 dan belakang 100/70. Tambahnya, ukuran tersebut tidak ada masalah dengan handling motor dan kondisi jalan di Tanah Air.

Balik lagi, tentu banyak dari Anda yang masih mengeluhkan ketidaknyamanan dengan standar ukuran velg ring 14 dan ingin menggantinya menjadi ring 17 (ThaiLook). Alasannya tentu saja untuk membuat tampilan menjadi lebih modis. Namun, sebelum Anda benar-benar ingin menggantinya, sebaiknya lebih dulu lihat konsekuensinya pada motor matic Anda.

Kurang lincah

Menggunakan ban yang tidak sesuai membuat pengendalian motor lebih stabil dan cengkraman lebih kuat. Tetapi, saat kondisi jalan padat atau macet, motor akan lebih sulit bermanuver. Pada akhirnya, kelincahan motor pun akan berkurang.

Kerja rem ekstra

Beban yang harus ditanggung rem semakin berat dengan menggunakan ban yang tidak sesuai. Hal ini tidak lain disebabkan karena ukurannya yang lebih besar dibanding ukurang standar pabrikan. Ini membuat kinerja piranti rem lebih berat.

Meskipun demikian, saat mengubah ban biasanya bengkel modifikasi juga menawarkan piringan rem dengan diameter yang lebih besar. Tetapi biasanya, keawetan piranti tersebut berada di bawah kualitas pabrik.

Boros bensin

Selain rem, kerja yang lebih berat juga akan dialami oleh mesin. Semakin besar tenaga yang harus dikeluarkan, maka semakin besar pula asupan bensin yang dibutuhkan mesin. Karenanya, ban gambot akan membuat motor semakin boros bahan bakar.

Perawatan ekstra pada CVT

Sama seperti yang sebelumnya, ukuran ban yang besar akan membuat kinerja v-belt lebih ekstra. Pada motor skutik, ada potensi penurunan kinerja CVT hingga lebih mudah rusak bila menggunakan ban gambot.

Baca juga: Amankah Menggunakan Ban Bekas?

Memang, sekalipun velg dan ban motor ini telah diatur dengan presisi yang baik, masih banyak pengendara motor matic yang tertimpa musibah karena sering terjadi ban motor slip ketika jalanan licin, berpasir, dan tidak rata. Ditambah dengan velg yang kecil, grip pada ban kadang kurang mampu mencengkram aspal.

Velg Ban motor Ring 14 Paling pas Untuk Matic - petersoncodygallery

Untuk jenis motor matic sendiri, terdapat berbagai variasi tergantung pada tipe dan merknya. Keluaran Honda seperti Honda Beat, Vario dan Scoopy kebanyakan membutuhkan ukuran velg depan 14 x 1.60 belakang 14 x 1.85 dan untuk matic Yamaha kebanyakan ukuran velg depan 14 x 1.40 belakang 14 x 1.60.

Jadi, jika Anda sudah menggunakan ukuran velg ban ring 14 namun masih kurang nyaman, bisa jadi ada tipe ban yang Anda lewatkan. Semuanya kembali lagi pada tujuan Anda, jika memang penampilan ban yang terlihat bagus dipasang di velg motor lebih penting dari fungsi ban itu sendiri sebaiknya kenali dulu konsekuensi yang bisa Anda dapatkan.

Baca juga: Cara Mudah Cek Ganti Ban Motor

Comments are closed.